Hutan Penelitian Dramaga

Kawasan Hutan Penelitian Dramaga

Hutan Penelitian Dramaga (CIFOR)

Hutan Penelitian Dramaga adalah sebuah lokasi menarik di  Kota Bogor, dengan luas sekitar 60 hektar wilayahnya secara administratif mencakup dua wilayah desa yaitu wilayah Desa Situgede dan Desa Bubulak yang berada pada Kecamatan Bogor Barat.  Hutan dengan ketinggian 244 m dari permukaan laut ini sudah dikelola semenjak 1956 oleh Balai Penyelidikan Kehutanan yang diharapkan dapat berfungsi sebagai tempat koleksi dan pengenalan tanaman hutan. Proses pembangunan Hutan Penelitian Dramaga dimulai dengan pembelian tanah masyarakat di wilayah tersebut pada tahun 1954-1955. Semenjak tahun 2010 pengelolanya Balai Penyelidikan Kehutanan telah berganti nama menjadi Pusat Penelitian dan Pengembangan Konservasi dan Rehabilitasi yang memiliki lokasi kantor di Jalan Gunung Batu Nomor 5 Kota Bogor sejak tahun 1930 (pada masa Hindia Belanda bernama Bosbouw Proefstation ). Sedikit cuplikan sejarah pada tahun 1947 sempat terdapat dua Balai Penyelidikan Kehutanan yaitu Balai Penyelidikan Kehutanan Republik Indonesia yang berkedudukan di Solo dan Balai Penyelidikan Kehutanan yang dikelola sekutu dan berkedudukan di Bogor.

Pada hutan ini terdapat kantor CIFOR (Center for International Forestry Research) yang dibangun pada 1995, sebuah lembaga riset nirlaba tentang hutan. Hal ini pula yang membuat hutan ini dikenal oleh warga sebagai hutan CIFOR.

Jalan hutan Dramaga - Hutan Penelitian Dramaga

Hutan Penelitian Dramaga dari Jakarta dapat dicapai dengan mudah menggunakan angkutan umum. Bila menggunakan kereta api dapat turun pada Stasiun Cilebut atau Stasiun Bogor. Dari Stasiun Cilebut dapat melanjutkan dengan angkot hijau kode 19 (trayek Cilebut-Bubulak) kemudian dari terminal Bubulak menyambung lagi dengan angkot hijau kode 15 (trayek Bubulak- Pasar Anyar, tetapi lebih sering ditemui dengan tulisan Bubulak-Merdeka).  Pada Google Maps rute ini terlihat sebagai berikut Cilebut – Hutan Penelitian Dramaga . Sementara bila turun di Stasiun Bogor angkot yang digunakan adalah kode 03 berwarna hijau (trayek Baranangsiang – Bubulak) dan kemudian dilanjutkan juga dengan angkot hijau kode 15 tadi. Lokasi hutan ini mudah dijangkau karena berlokasi tidak jauh (sekitar 3KM) dari Terminal Bubulak.

Situ Gede

Situ Gede Bogor - Hutan Penelitian Dramaga

Selain itu terdapat sebuah danau yang dikenal dengan nama Situgede (bahasa Sunda Situ/Setu berarti danau/telaga), danau dengan luas 5,5 hektar ini cukup populer di kalangan warga sekitarnya sebagai objek wisata bahkan sudah terdapat jasa penyewaan perahu karet, sepeda air dan beberapa tempat makan di pinggirnya. Dari kejauhan dapat terlihat instalasi pengukur cuaca Stasiun Klimatologi Dramaga, selain itu di sekitar Situgede masih terdapat beberapa danau lain yaitu  Situ Leutik (kini sudah menghilang), Situ Panjang, dan Situ Burung.

Penangkaran Rusa

Penangkaran rusa Hutan Cifor, Bogor - Hutan Penelitian Dramaga

Terdapat pula penangkaran Rusa Timor, alternatif menarik selain Istana Bogor untuk melihat rusa hanya saja di sini tidak terdapat para penjual wortel/sayuran yang mudah ditemui di trotoar sekitar Istana Bogor.

Tautan:
p3kr.com – Hutan Penelitian Dramaga
puskonser.or,id – Anjangsana Bersama Masyarakat
id.wikipedia.org – Situ Gede Bogor


profile-avatar Vicong
Menulis apapun yang dianggap menarik.

Respons

Beri Respons