Jakarta Punya Hutan!

Hutan dengan pepohonan bukan cuma hutan beton yang memang sudah merajalela, salahsatunya adalah Hutan Kota Srengseng yang berlokasi di Jalan Haji Kelik, Kembangan Jakarta Barat dengan luas lahan 15,3 hektar. Awalnya area ini berupa rawa-rawa yang lantas diubah menjadi tempat penampungan sampah dan akhirnya difungsikan menjadi hutan kota sejak 1993.

Lokasi Hutan Kota Srengseng pada Google Maps adalah sebagai berikut:

My location
Get Directions

Dari tampilan peta di atas tampak hutan ini juga dilintasi aliran sungai, persisnya adalah Sungai (Kali) Pesanggrahan. Menurut sebuah artikel di koran Kompas hanya terdapat dua lokasi kawasan hijau di sepanjang Kali Pesanggrahan yaitu Hutan Kota Pesanggrahan Sanggabuana, Jakarta Selatan dan Hutan Kota Srengseng Jakarta Barat ini. Padahal Sungai Pesanggrahan memiliki panjang mencapai 112 km dengan hulu di Gunung Pangrango Kabupaten Bogor melintasi wilayah Kota Depok, Tangerang Selatan, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Utara dan berujung di Cengkareng Drain sebelum akhirnya bermuara ke Teluk Jakarta di Laut Jawa. Tak heran berita mengenai meluapnya Sungai Pesanggrahan menggenangi pemukiman menjadi berita rutin dari tahun ke tahun.

002

Pada sore hari terdapat beragam aktifitas warga, saya sempat melihat beberapa keluarga muda berjalan-jalan dengan anak balita, beberapa warga memancing ikan dan banyak pula yang terlihat sibuk dengan kameranya mencari objek menarik.

005

Disebutkan pada artikel lain jenis pohon yang terdapat di sini antara lain matoa, sawo kecik, walisongo, saga, bintaro, bungur, jacaranda, dan sengon. Sementara untuk satwa liar kabarnya dapat ditemui burung raja udang, burung emprit, biawak air, ular tanah, ular air, dan beberapa jenis kadal. Selain itu Suku Dinas Pertamanan Jakarta Barat memanfaatkan sebagian area hutan ini sebagai lokasi pembibitan tanaman

004

Akses untuk mengitari area Hutan Kota Srengseng cukup mudah karena tersedia jalan yang cukup nyaman ditempuh dengan berjalan kaki. Sayangnya ketika masuk lebih dalam tampak beberapa bagian kurang terawat, beberapa fasilitas yang ada dalam kondisi rusak, diperparah pula dengan kebiasaan pengunjung membuang sampah sembarangan membuat suasana kumuh mudah terlihat.  Semoga pengelola bisa membereskan masalah ini dan pengunjung yang datang semakin sadar untuk menjaga kebersihan dan fasilitas yang ada agar area hijau ini dapat memberikan manfaat maksimal bagi kita semua.

Pranala luar:

Jakarta.go.id – Hutan Kota yang Menyejukkan

Kompas.com – Andai Pesanggrahan Bisa Dinormalisasi

Kompas.com – Hutan Kota Kurang Terurus

 


Lokasi Hutan Kota Srengseng

My location
Get Directions
profile-avatar Vicong
Menulis apapun yang dianggap menarik.

Respons

Beri Respons