Jonggol Sore Hari

Cianjur - jalan menuju Jonggol

Cianjur jalan menuju Jonggol

Suasana libur lebaran 2012 kemarin akhirnya bisa menempuh rute Jonggol dengan motor. Ini adalah salah satu rute alternatif perjalanan Jakarta-Bandung rute lain adalah melalui Bogor-Puncak, Tol Cikampek-Cipularang (yang tentunya tidak bisa dengan motor) atau Bekasi-Cikampek-Purwakarta. Rute Jonggol memiliki kelebihan yaitu sepi dan masih banyak pemandangan hijau.

Jonggol sendiri adalah nama kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Bogor, bila dari cerita orang-orang lama tua di wilayah Jawa Barat tadinya area ini dikenal sebagai area begal/rampok karena sepi. Tapi berhubung saya sering  melalui jalur lintas Sumatera, menurut pendapat saya jadinya rute Jonggol masih jauh lebih aman dan ramai bila dibandingkan jalur Lintas Tengah Sumatera khususnya area Lampung-Sumatera Selatan. Hanya sekali mendengar kejadian perampokan kendaraan yang melintas di wilayah Jonggol, yang dirampok mobil box milik perusahaan di Bandung tempat seorang teman bekerja sekitar tahun 2007.

Di wilayah Jonggol sendiri ada yang disebut warga sana sebagai Kota Jonggol, ini pengertian kota dalam tanda kutip yang sebenarnya menyatakan area ramai dimana terdapat pasar, kantor-kantor pemerintahan dan kantor instansi BUMN serta swasta. Saya pun kemarin sempat salah berbelok ke area “kota” Jonggol, langsung terasa janggal karena suasana keramaian perkampungan semi perkotaan seperti ini tidak pernah saya temui selama melintas rute Jonggol sebelumnya.

Saya berangkat sekitar pukul 15:00 dari Jalan Kolonel Masturi Cimahi dengan jalan santai menikmati pemandangan (rute Jonggol memang paling enak ditempuh pagi atau sore hari) sampai dengan selamat di Kemayoran pukul 21:00, diselingi berhenti untuk foto-foto dengan handphone seadanya, Shalat Ashar di sebuah SPBU daerah Ciranjang, Shalat Magrib di sebuah Masjid di Jonggol (masih terasa sekali suasana khas perkampungan sebelum shalat ada serombongan keluarga penduduk sekitar masjid dengan antusias menawarkan saya kue lebaran) dan terakhir makan malam nasi goreng di Cileungsi.

Saya kenal rute Jonggol ini semenjak mulai rutin bolak-balik Jakarta-Cimahi mulai tahun 2004-2005, ayah seorang teman yang mobilnya sering saya tumpangi rute favoritnya adalah lewat Jonggol karena sepi dan waktu itu memang masih lebih sepi dibanding sekarang. Apalagi pada waktu itu Tol Cipularang masih dalam proses pembangunan sehingga rute Cikampek macet karena proses pembangunan dan rute Puncak otomatis ikut macet karena padatnya kendaraan klop sudah pilihan lewat Jonggol paling mantap. Soal sepi saat ini SPBU sudah cukup banyak hitungan saya ada  4 SPBU mulai dari simpangan menuju Jonggol sampai dengan Cileungsi sebelumnya hanya satu itupun di area Cileungsi, tempat makan semakin mudah ditemui dan kendaraan yang melintas cukup banyak.

Lalulintas Jonggol lebaran 2012

Lalulintas Jonggol lebaran 2012

Menurut Google Maps perjalanan yang saya tempuh kemarin berjarak 153 KM dengan waktu 4 jam 21 menit, sementara pas saya tempuh kemarin dari hitungan speedometer motor adalah 208 KM dengan lama waktu 7 jam 😀

 

Rute Google Maps Cimahi - Jonggol

Rute Google Maps tersedia di sini


profile-avatar Vicong
Menulis apapun yang dianggap menarik.

Respons

Beri Respons