Pantai Mina Jaya Sukabumi

Pantai Mina Jaya ini berada tidak begitu jauh dari Pantai Ujung Genteng yang mulai terkenal sekarang,untuk rute perjalanan sama saja hanya berbeda belok di pertigaan sekitar 20 km menjelang Ujung Genteng. Berbeda dengan Ujung Genteng yang sudah mulai ramai (apalagi PelabuhanRatu) Pantai Mina Jaya masih relatif sepi, kebanyakan wisatawan yang datang pun hanya wisatawan lokal Sukabumi.

Perahu Nelayan di Pantai Mina Jaya, Sukabumi

Kumpulan perahu nelayan

Sedikit disayangkan kondisi jalan menuju Pantai Mina Jaya ini lumayan rusak, berbeda dengan dari Sukabumi-Surade sampai ke arah pantai Ujung Genteng yang cukup mulus. Sebelum Mina Jaya saya sempat menemui proyek Jalur Lintas Selatan Jawa yang tampaknya sudah lama dibiarkan terbengkalai, menurut warga sekitar terakhir terlihat ada kegiatan adalah sekitar tahun 2004.

Pantai Mina Jaya ini adalah pantai karang tetapi masih memiliki area pasir yang cukup luas. Sewaktu saya ke sana sedang dalam masa surut, sehingga banyak ditemui rumput laut dan kepiting-kepiting pasir yang kecil sekali ukurannya. Kondisi air lautnya relatif tenang, sesekali ombak-ombak kecil menghantam pantai. Di pinggir pantai terdapat beberapa warung kecil milik nelayan yang menjual hasil tangkapan laut dan bisa langsung minta untuk dibakar dan disantap, tapi sayang saya tidak sempat mencoba.

Pantai Mina Jaya, Sukabumi - Karang

Karang

 

Rumput Laut - Pantai Mina Jaya, Sukabumi

Rumput Laut

 

Senja di Pantai Mina Jaya, Sukabumi

Senja

Akses transportasi menuju Pantai Mina Jaya

Untuk akses dari Kota Sukabumi Pantai Mina Jaya berjarak sekitar 125 km, bila menggunakan angkutan umum bisa dengan menumpang colt (bahasa Sunda: helep) dari Terminal Sukabumi sampai dengan Terminal Surade tarif 30 ribu rupiah, lama perjalanan dari Sukabumi ke Surade sekitar 4-5 jam dengan colt tersebut. Sementara akses menuju Pantai Mina Jaya dari Terminal Surade bisa dilanjutkan dengan menumpang ojek.

Penampakan lokasi Pantai Mina Jaya di wikimapia dan hasil pencarian saya di Google menemukan ulasan lain mengenai pantai Mina Jaya yang bisa dibaca di sini

 


profile-avatar Vicong
Menulis apapun yang dianggap menarik.

Respons

Ada 3 respons untuk “Pantai Mina Jaya Sukabumi”.

  1. Asep Santosa
  2. klo dilihat sepintas dari foto2 yang ada diatas nampak pantainya belum digarap secara optimal padahal pemandangan sangat bagus, semoga kelak pemerintah turun tangan dalam memajukan industri pariwisata khususnya di Pantai Minajaya 🙂

    1. marwan

      misi kang ..kalo wisata ke minajaya bisa pake bis gede ga kang.
      ??

Beri Respons