Ulee Lheue Banda Aceh

Foto diambil pada 2008

Photo diambil pada 2008

Nama Ulee Lheue (kerap tertulis juga Ulele) sendiri diambil dari nama gampong tempat pelabuhan dan pantai dengan nama sama berada. Gampong adalah pembagian wilayah secara adat di Aceh yang berada setingkat di bawah Mukim. Mungkin bila disandingkan gampong adalah setingkat kelurahan, tetapi gampong bukanlah kelurahan karena bukan bagian dari perangkat daerah. Untuk wilayah kecamatan, Ulee Lheue berada di wilayah Kecamatan Meuraksa pada Kota Banda Aceh.

Pada buku Cut Nyak Din – Kisah Ratu Perang Aceh yang ditulis oleh M.H. Szekely Lulofs disebutkan pada zaman kekuasaan Sultan Alaiddin Muhammad Syah sudah terdapat Pelabuhan Oleh-leh yang terletak di sebelah barat Kotaraja. Pelabuhan Oleh-leh berada di daerah Rawa Cangkul yang termasuk dalam daerah Merassa. Disebutkan pula tiap-tiap desa di Aceh terdiri atas kampung-kampung yang berpusat pada sebuah masjid, desa yang terdiri atas kampung-kampung masjid itulah yang dinamakan mukim. Pelabuhan Oleh-leh inilah yang didatangi Teuku Umar pada bulan September 1893 untuk menuju Kotaraja dan menyatakan tunduk pada Belanda sebagai bagian dari siasatnya.

Pelabuhan Ulee Lheue  yang dibangun pada tahun 2000 difungsikan menjadi tempat penyeberangan kapal menuju Pulau Weh (Sabang), dimana pada sisi Sabang terdapat Pelabuhan Balohan. Di antara dua pelabuhan ini calon penumpang dapat memilih menggunakan kapal berjenis kapal roro/ferry (KMP BRR sebagai armada utama dan KMP Tanjung/ KMP pengganti lainnya) dan kapal motor express (Kapal Pulo Rondo, Bahari dan Citra Jet).

Sewaktu kejadian tsunami 24 Desember 2004 Pelabuhan Ulee Lheue  termasuk tempat dengan kerusakan yang terparah di Banda Aceh. PLTD Apung yang sekarang menjadi atraksi wisata menarik tadinya berada di pelabuhan ini terhempas hingga 5KM ke pemukiman penduduk di Gampong Punge Blang Cut.

Pada 2005 Pelabuhan Ulee Lheue dibangun kembali dan saat ini selain berfungsi sebagai pelabuhan, warga Aceh sering memanfaatkan pantai sekitar pelabuhan sebagai tempat wisata murah meriah, Pemda Kota Banda Aceh sudah punya rencana menjadikan lokasi pantai tersebut sebagai tempat wisata alam dan kuliner yang lebih tertata.

Tautan:
id.wikipedia.org – Ulee Lheue
id.wikipedia.org – Gampong


Lokasi Ulee Lheue

My location
Get Directions
profile-avatar Vicong
Menulis apapun yang dianggap menarik.

Respons

Beri Respons